Tuesday 22 January 2013

7 Klub Sepakbola dengan Kerjasama Sponsor Termahal


Givemefootball.com melansir, kerjasama antara raksasa otomotif dan raksasa sepak bola ini menyepakati kontrak senilai 20 juta euro per tahun atau setara dengan Rp240 miliar nyaris sama dengan nilai kontrak yang diterima Manchester Unted dengan perusahaan asuransi AON yang kini menjadi sponsor mereka.


Angka yang cukup fantastis tentunya bagi kerjasama Manchester United dan Chevrolet. Manchester United tidak sendirian, Liverpool dengan Standard Chartered dan Manchester City dengan Etihad juga melakukan kerjasama dengan nilai kontrak yang hampir sama yaitu sekitar 20 juta euro.


Tapi, pamor Liga Inggris yang terkesan mewah, tidak berarti mereka adalah klub-klub dengan nilai kontrak tertinggi dengan para sponsor. Barcelona justru menjadi yang nomor satu. 


Nilai kontrak sebesar 25 juta euro (Rp300 miliar) bersama Qatar Foundation menjadikan klub Spanyol ini sebagai klub dengan nilai kontrak tertinggi.


Posisi kedua juga ditempati klub non Inggris, yakni Bayern Munich. Berikut 10 besar klub sepak bola dengan nilai kontrak tertinggi bersama sponsornya: 

1. Manchester United

General Motors, salah satu raksasa otomotif terbesar di dunia, membuat kesepakatan dengan Manchester United untuk menjadi sponsor senilai 30 juta poundsterling. Chevrolet akan menjadi sponsor di kostum United mulai musim 2014-2015 menggantikan Aon. Durasi kontrak 7 tahun membuat nilai sponsorship United meningkat 10 juta poundsterling dari kontrak sponsor sebelumnya, Aon. Salah satu hal yang cukup penting.





2. Barcelona

Qatar Foundation, sebuah organisasi nonprofit asal Qatar membayar nilai kontrak sponsor sekitar 25 juta poundsterling dengan raksasa La Liga, Barcelona. Dengan demikian, Qatar Foundation tersebut mengganti tulisan sponsor di kostum Barca yang sebelumnya terpasang logo Unicef.














3. Bayern Munchen

Deutsche Telekom mengikat kontrak dengan klub papan atas asal Bundesliga Jerman, Bayern München dengan banderol sebesar 23,6 juta poundsterling per musimnya. Dengan begitu, logo T-Mobile terpasang di jersey klub yang berjuluk Die Roten tersebut.













4. Liverpool

Standard Chartered, sebuah bank terkemuka di dunia, menjadikan logonya sebagai sponsor di kostum The Reds. Alhasil, Standard Chartered rela merogoh dana sebesar 20 juta poundsterling demi mengganti sponsor Liverpool sebelumnya, Carlsberg.













5. Manchester City

Rival sekota Manchester United, Manchester City menduduki posisi kelima dengan nilai kontrak termahal. Maskapai penerbangan Etihad Airways mengucurkan dana sebesar 20 juta poundsterling untuk menjadi sponsor di kostum City. Hal ini dinilai oleh banyak pihak, bahwa kesepakatan ini merupakan trik pemilik Manchester City, Sheikh Mansour untuk menghindari Financial Fair Play.











6. Sunderland

Secara mengejutkan, klub Barclays Premier League memiliki nilai kontrak sponsor yang cukup besar. Walaupun Sunderland bukanlah tim besar, dana 20 juta poundsterling dari Tullow Oil mengganti logo sebelumnya dengan logo Invest in Africa.













7. Real Madrid

Sebuah perusahaan taruhan online asal Australia, bwin menggelontorkan dana sebesar 16,8 juta poundsterling per musimnya demi memasang logo perusahaan tersebut di jersey Los Blancos. Logo tersebut akan habis kontrak pada akhir musim 2013 nanti.


 
Design by ThemeShift | Edited by Daily Herza | Pasang Iklan Disini